on 11 December 2017 by Anis Fuad in bibliometrik, Comments (0)

Jejak riset FK UGM di Pubmed: fokus ke area mana?

Fakultas Kedokteran UGM (eh sekarang namanya berubah menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan) sudah tidak diragukan lagi memiliki keunggulan dalam bidang riset.  Hal ini tidak lain untuk mencapai misi Fakultas untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian dan pelayanan yang unggul, berlandaskan kearifan lokal, etika, profesionalisme dan kelimuan berbasis bukti. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah dimanakah tingkat keunggulan tersebut? Pada riset apa sajakah keunggulan tersebut berada?

Ini sekedar iseng-iseng saja untuk menjawab pertanyaan tersebut. Salah satu ujung dari dari setiap riset adalah publikasi. Muara terakhir adalah kemanfaatannya bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan status kesehatannya. Pada bagian ini, ukuran yang sering dipakai adalah adopsi hasil riset dalam berbagai produk, misalnya industri, kebijakan publik sampai dengan pelayanan. Sebelum sampai pada tahap aplikasi, sering pula diukur dengan terdaftarnya HKI(hak atas kekayaan intelektual) ataupun paten. Jika melihat dari sudut publikasi, kacamata yang sering digunakan seringkali adalah berapa banyak sitasi yang sudah dilakukan terhadap publikasi tersebut, atau jurnalnya memiliki reputasi atau tidak.

Sebenarnya, kalau pas lagi niat, bisa saja ngukur sitasi publikasi dari FK UGM berapa, atau jurnal yang mempublikasikan reputasinya seperti apa. Di Scopus data tersebut tersedia. Tetapi, ini karena memang hanya iseng-iseng saja, saya menggunakan media yang lain yaitu Pubmed dan VOSViewer. Pubmed, seperti diketahui merupakan gudangnya jurnal kesehatan dan kedokteran. Gudang ilmu kesehatan dan kedokteran terbesar di dunia. Faedahnya banyak. Nah, di Pubmed dicari semua artikel yang memuat kata “gadjah mada” atau “sardjito”. Kata Pubmed ada sekitar 800-an. Hasil pencarian tersebut kemudian disimpan dalam format MEDLINE. Selanjutnya, file tersebut diolah menggunakan VOSViewer. Di sini, dipilih analisis kemunculan kata kunci (co-occurence).  Pubmed memiliki basis data kamus yang sangat terinci dan terstruktur yang disebut dengan MeSH (Medical Subject Heading). Ada sekitar 2 ribuan kata kunci yang tercatat berasal dari publikasi di lingkungan UGM dan Sardjito. Karena jumlah tersebut sangat banyak, kemudian difilter berdasarkan kata kunci yang paling sering muncul. Selain itu, kata kunci yang umum (seperti Indonesia, human dan animals) dan juga kelompok umur dihilangkan. VOSViewer selanjutnya akan memvisualisasikan kelompok (cluster) kata kunci seperti pada gambar di bawah ini.

Kata kunci yg paling sering digunakan dalam publikasi dari FKUGM di Pubmed

 

Dalam gambar tersebut, terdapat 8 cluster utama riset kesehatan dari UGM. Dalam roadmap FK UGM terdapat dua fokus prioritas riset, yaitu 1)kebugaran, penuaan dan gaya hidup sehat serta 2)teknologi intervensi medik dan kesehatan masyarakat. Riset pada fokus 1 berupaya memahami mekanisme yang mendasari masalah kebugaran, penuaan dan gaya hidup. Sedangkan fokus 2 berupaya untuk mengidentifikasi teknologi-cara baru dalam pencegahan, diagnosis, pengobatan penyakit pada pasien dan intervensi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Jika dibandingkan dengan roadmap tersebut, nampaknya jejak riset FK UGM masih lebih banyak di fokus yang kedua. Ayo semangat, perbanyak riset pada bidang kebugaran, penuaan dan gaya hidup sehat.

No Comments

Leave a comment

XHTML: Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>